jump to navigation

Hercules Anak Timor Leste (TL) Raja Preman di Jakarta November 12, 2010

Posted by ws.rudi in REALITY.
Tags: , ,
trackback

SETELAH Komandan Polisi Militer (PM) Mayor Alfredo Alves Reinado muncul di Metro TV dalam program Kick Andy pada 24 dan 27 Mei lalu, Minggu (10/6) lalu, dalam program yang sama muncul Hercules Rosario de Marshal.

Dua-duanya adalah putra kelahiran Timor Leste (TL), yang menjadi TBO (Tenaga Bantuan Operasi) TNI di Timor Timur (Timtim) saat pergolakan dulu. Bedanya, Alfredo menjadi tentara, Hercules menjadi raja preman di Jakarta, ibu kota negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Barangkali bagi warga TL yang sempat menonton tayangan Hercules dalam program Kick Andy, Minggu (10/6) lalu, mengenal lebih jauh sepak terjang seorang Hercules. Rasanya tidak percaya Hercules preman yang paling ditakuti, setidaknya di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta. Tubuhnya tidak begitu tinggi. Badannya kurus. Hanya tangan kirinya yang berfungsi dengan baik. Sedangkan tangan kananya sebatas siku menggunakan tangan palsu. Sementara bola mata kanannya sudah digantikan dengan bola mata buatan.
Tapi setiap kali nama Hercules disebut, yang terbayang adalah kengerian. Banyak sudah cerita tentang sepak terjang Hercules dan kelompoknya. Sebut saja kasus penyerbuan Harian Indopos gara-gara Hercules merasa pemberitaan di suratkabar itu merugikan dia. Juga tentang pendudukan tanah di beberapa kawasan Jakarta yang menyebabkan terjadi bentrokan antar-preman.

Belum lagi sejumlah tawuran antar-geng yang merenggut korban jiwa atau luka-luka. Sejak pertengahan 80-an kelompok Hercules malang melintang di kawasan perdagangan Tanah Abang. Tak heran jika bagi warga Jakarta dan sekitarnya, nama Hercules identik dengan Tanah Abang.

Meski tubuhnya kecil, nyali pemuda kelahiran Timtim (kini Timor Leste) 45 tahun lalu ini diakui sangat besar. Dalam tawuran antar-kelompok Hercules sering memimpin langsung. Pernah suatu kali dia dijebak dan dibacok 16 bacokan hingga harus masuk ICU, tapi ternyata tak kunjung tewas. Bahkan suatu ketika, dalam suatu perkelahian, sebuah peluru menembus matanya hingga ke bagian belakang kepala tapi tak juga membuat nyawa pemuda berambut keriting ini tamat. Ada isu dia memang punya ilmu kebal yang diperolehnya dari seorang pendekar di Badui Dalam.

Boleh percaya, boleh tidak. Di Kick Andy Hercules mengungkapkan awal mula dia masuk ke Tanah Abang, salah satu wilayah paling keras di Jakarta. Untuk mendapat pengakuan, waktu itu dia harus mengalahkan kelompok-kelompok penguasa di sana.


Hampir setiap malam pertarungan demi pertarungan harus dia hadapi. “Waktu itu saya masih tidur di kolong-kolong jembatan. Tidur ngak bisa tenang. Pedang selalu menempel di badan. Mandi juga selalu bawa pedang. Sebab setiap saat musuh bisa menyerang,” ungkapnya.

Ternyata, di balik sosok yang menyeramkan ini, ada sisi lain yang belum banyak diketahui orang. Dalam banyak peristiwa kebakaran, ternyata Hercules menyumbang berton-ton beras kepada para korban. Termasuk buku-buku tulis dan buku pelajaran bagi anak-anak korban kebakaran. Begitu juga ketika terjadi bencana tsunami di beberapa wilayah, Hercules memberi sumbangan beras dan pakaian. Soal beras, memang tidak menjadi soal baginya karena Hercules memiliki tujuh hektar sawah di daerah Indramayu, Jawa Barat. Bahkan juga bantuan bahan bangunan dan semen untuk pembangunan masjid-masjid. Sisi lain yang menarik dari Hercules adalah kepeduliannya pada pendidikan. “Saya memang tidak tamat SMA. Tapi saya menyadari pendidikan itu penting,” ujar ayah tiga anak ini.

Maka jangan kaget jika Hercules menyekolahkan ketiga anaknya di sebuah sekolah internasional yang relatif uang sekolahnya mahal. Bukan Cuma itu, ketika Lembaga Pendidikan Kesekretarisan Saint Mary menghadapi masalah, Hercules ikut andil menyelesaikannya, termasuk menyuntikan modal agar lembaga pendidikan itu bisa terus berjalan dan berkembang.
Hercules pun aktif duduk sebagai salah satu pimpinan di situ. Di Kick Andy, misteri tentang tokoh yang selama ini lebih dikenal namanya ini terkuak. Termasuk masa kecilnya ketika menjadi TBO TNI di Timtim saat pergolakan dulu.

Walau bertahun-tahun mengembara di negeri orang, tapi sosok Hercules tetap berpegang teguh pada nilai-nilai budaya TL. Hal ini terlihat jelas saat sejumlah armada Koran ini bertandang ke kediamannya yang terletak daerah Kebun Jeruk, Jakarta, pada medio Juni 2004. Kedatangan armada STL yang dikomandoi Godinho Barros, yang tidak lain adalah saudara sepupu Hercules diterima dengan penuh kekeluargaan.

Dalam kesempatan itu, Hercules menceritakan pengalamannya kepada armada STL dan berjanji suatu ketika akan berkunjung ke tanah kelahirannya. Kapan Hercules berkunjung ke negara baru TL? Kita tunggu jawaban dari Hercules.

Dikutip dari Harian Suara Timor Lorosae….

Hercules Bantah Terkait Bentrok di Ampera

JAKARTA–MI: Hercules Rosario Marshal atau lebih akrab dipanggil Hercules terkenal sebagai preman yang malang melintang di kawasan Tanah Abang. Namun, ia menolak cap preman yang ditujukan kepadanya.

“Kita perlu perjelas lagi apa itu preman. Memang ada preman yang mencuri, merampok, atau mengeroyok. Kalau mengeroyok sama saja dengan preman, pejabat juga preman,” ujar Hercules ketika dihubungi oleh Media Indonesia via sambungan telepon pada Jumat (1/10).

Ia memberi contoh pejabat DPR yang saling baku hantam ketika tidak menemui mufakat dalam musyawarah. Kalau memang sudah emosi dan saling mempertahankan ego, terjadilah pengeroyokan,” ungkapnya.

“Kami kan bekerja sebagai security (penjaga keamanan). Jadi tak bisa disebut preman. Kalau ada yang bertamu dan membuat masalah lalu ribut dan terjadi kericuhan, nah itu baru preman,” tegasnya.

Ia juga menolak namanya dikaitkan dengan bentrokan antarmassa di jalan Ampera yang terjadi pada Rabu (29/9). Bentrokan terjadi menjelang persidangan kasus pembunuhan di kafe Blowfish, Jakarta Selatan.


“Binatang itu semua orang-orang yang menyebut nama saya ada kaitannya dengan bentrokan dalam wawancara di televisi. Kalau kasih penjelasan jangan kaya pencundang,” ujarnya emosi.

Komentar»

1. Danny Djayasentana - November 12, 2010

Bukannya Hercules kuat di back up sama Prabowo. itu isyu yg saya dengar???

Rudi - November 12, 2010

saya rasa kurang tepat jika agan Danny berkata: “Bukannya Hercules kuat di back up sama Prabowo. itu isyu yg saya dengar???” sebab bagi orang dengan nyali yang begitu besar, Hercules sangatlah mandiri.

2. Ahmad Fauzi Darmansyah - September 10, 2011

Hebat yah, ckckckkckc Turut mendukung

3. suwarno - Februari 18, 2012

Jangan melihat dari luarnya saja, ternyata berhati mulia…

4. Nito prabowo - Februari 19, 2012

Saya jadi Bermimpi Bisa melihat Hercules Di depan mata saya dan Menjabat tangannya,

5. Marshall - Februari 20, 2012

mereka para preman ini mafia kerah dekil, yang berbuat jahat karena lapar, beda dengan mafia kerah putih, yang memang berbuat jahat karena rakus. mereka membunuh dengan pena, dan korbannya lebih banyak, jadi siapa yang lebih baik?

6. Josh - Februari 20, 2012

saya berpendapat,hercules juga sosok cerdas,pandai dalam strategi dan juga keselamatan dari Tuhan,semoga makin banyak berbuat kebaikan buat sesama.
Semoga semua kelompok preman,makin peduli kemanusiaan dan mengentaskan kemiskinan masyarakat. Mari dirikan Partai Preman Peduli Indonesia.PPPI.

7. Nunuk - Februari 21, 2012

om hercules saya in gin tahu anda

8. amrizal arif - Februari 21, 2012

sip bang Hercules

9. jarwo - Februari 21, 2012

BUAT SEMUA MASYARAKAT JABOTABEK, YANG GAK TAU OM HERCULES JANGAN ASAL JEPLAK DEHH…

SOTOY ASAL KOMEN TENTANG ORANG , NGACA DULU .. (KUSUSNYA PEJABAT “NGACA”)

OM HERCULES ITU BAIK , LOYAL , RAMAH ,

10. PEMBERANI - Februari 21, 2012

PREMAN ITU BAIK asal yg dilakukan :
* Bekerja keras, melawan yg mentang2, memberi prlindungan bg yg lemah, guna memberikan rasa keadilan.

TP PREMAN ITU MEMANG BAJINGAN Manakala :
– menekan & menakut-nakuti yg lamah
– memeras atau membunuh yg tak berdaya
– mencari keuntungan dari riba’
– menikmati hsl pemerasannya u/ pesta seks, miras & narkoba

HERCULES kategori yg mana???
John Kei, Basri, dll yg mana ???

kalau dah baik hormati mereka !
kalau setengah2 binalah mereka !
kalau payah musnahkan mereka !

11. the-coz - Februari 23, 2012

apakah herkules masih hidup ??

12. hendra - Februari 23, 2012

salut dengan Hercules… merangkak dari bawah hingga jd sukses… dan jd orang yg peduli kepada orang terkena bencana…saluutttttsssss….

13. conel - Februari 23, 2012

God menyertai om hercules…..

doa org2 yg mendukung om hercules selalu menyertai…

14. Ayip Dudu Samantha - Februari 25, 2012

Oo.. ini toh om hercules??
om saya tantang anda duel,, gmn? :)

15. joko - Maret 2, 2012

saluuutttt…gua jg mau ky om hercules..,:)

16. Surya Adi Sapoetra - Maret 5, 2012

widih, baru tau kalau dulu tenaganya pernah dipakai oleh kopasus..

epe - Maret 23, 2012

emang Hercules putra timor leste yang duluh pernah malawan saudarahnya sendiri. tapi kk Hercules balik sudah cox perang uda usai mari kita bersama membugn TL agar nama tetap cerah seperti sinar surya yang terbit di ufuk timur. Adeussssssssss….

17. nico herianto - April 17, 2012

pengen ketemu sama pak herculess…
minta ilmunyaa……..

18. GAB - April 19, 2012

pak herkules teruskan perbuatan baikmu dan tinggalkan yang jahat . . . . .
people from east timor ( timor leste ) bangga denganmu . . .
walaupun awalnya ceritamu buruk tapi kau bisa membuktikan yang terbaik bagi yang membutuhkan

19. amavel - April 25, 2012

from timor leste,,,kami bangga dengan amal ibadahmu maun hercules,,,,,,maske timor nasaun nebe kik mas naran bot no morin iha ema rai……..GBU

20. Kolonel (Purn.) Ir. Haji Lalu Muhammad Hamdan Sjahrul, SH. - Juli 13, 2012

SATU2 NYA SOLUSI UTK MEMBERANTAS PREMANISME ADALAH DENGAN DIGELARNYA KEMBALI PROGRAM MD-31A (SM SPRT MASA ORBA) — KAMI SLL SIAP UTK MENGHABISI PARA PREMAN!!

21. danny wagiu - Agustus 26, 2012

pak herkules,,semua
ciptaanTuhan,ada alfa dan omega berbuat baiklah selagi masih sempat ,,karena semuanya itu akan di perhitungkannya diakhirat…..gbu.

22. ANILTONNELIODONASCIMENTO - September 5, 2012

MAUN HERCULES NARAN BOT IHA EMA NIA RAI, MAIBE LABELE HALUHA RAI DOBEN TIMOR LESTE

ANILTONNELIODONASCIMENTO - September 5, 2012

Maun bot hercules, se bele karik loron ida bele mai visita lai, ita nia rai doben timor leste li-liu, rai ainaro

23. Nito - Desember 3, 2012

Maun hau hakarak hasoru ita,mais nia prosesu halo nusa tamba hau rona dehan maun ne nia tempu mak laiha liu atu hasoru ema.

24. bha ban - Januari 27, 2013

saya juga bisa jadi hercules.. tapi nanti .generasi kedepan nya…?

25. Marcos fernandes da conceicao - Februari 5, 2013

Maun,,,….halao deit maun nia servisu nai maromak sempre ajuda maun ha tempu nebe maun araska,,,…hanoin nafatin maromak iha maun nia laran,….from marko remack ganfre

26. August - Maret 6, 2013

Turmeric is one among the best prescribed home remedies for treating boils.

Mix a teaspoon of turmeric with some aloe
gel and apply to the burn. There is called satiety that
produced by different spices which tend to consume lesser calories.

27. Belanja Haji - Maret 26, 2013

Memang nyalinya besar, tapi faktor prabovvo adalah rahasia umum.

28. hotel murah di bali - April 15, 2013

ada banyak hal yang bisa di ambil pelajaran dari sosk hercules, dari sisi kebaikannya dan kejelekannya semoga kita bisa memilih dan memilah

29. health - April 17, 2013

It has intensively been found that the women suffer
from recurring and frequent urinary tract infections.
Avocados also help to absorb other great nutrients such as alpha- and beta-carotene and lutein
from other foods as read in the Chicago Tribune’s 10 Unsung Superfoods You Should be Eating. For vitamins and supplements, GNC offers multivitamins, fish oil and omegas, minerals, amino acids and antioxidants.

30. ambri permana - Juli 26, 2013

RAJA preman :p lo hidup di tanah siapa , bukan di kmpung lo nih , jgan pernah lo nge”bangain hercules .. dia itu sama aja org biasa sama kaya kita pada umum nya …?
jujur nih gue gak down sama hercules , betawi broo gak ada tkt nya

31. Ashter Sang Penakluk - September 29, 2013

Aku Kagum dengan keberaiannya, dan pernah mempertahankan Merah Putih Berkibar di Timor Leste, …..

32. Ashter Sang Penakluk - September 29, 2013

Selagi Benderanya Masih Merah Putih, Kita Bebas Hidup dimana saja, ……Jujur Nih Betawi beraninya di Kampung sendiri,…..


Orang Baik Pasti Mau Kasih Komentar ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 76 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: