jump to navigation

Pigeon Rank Algoritm, Algoritma Google Terbaru Agustus 19, 2011

Posted by ws.rudi in BLOGGING, TECHNOLOGI.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

Saya telah menunggu begitu lama untuk yang terjadi pada Google saat ini dan saya percaya sebagian besar pembaca yang membaca artikel ini juga akan berpendapat sama – melepaskan semua ‘bullshit’ dari semua query hasil pencarian Google.

Menjengkelkan memang ketika agan mendapatkan halaman hasil pencarian Google yang ternyata melenceng jauh dari keyword yang agan ketikan di kotak pencarian.

Saya sering bingung kadang, website dengan artikel copy-paste – non original – malah memiliki PR yang lebih tinggi dibandingkan dengan website dengan konten original.

Meskipun Google telah memberikan sangsi terhadap beberapa website yang menggunakan artikel copas hanya untuk bisnis adsense mereka, tetep aza hal ini cuma jadi lelucon bari para pemain yang masih menggunakan-nya.

Berbagai situs yang menguasai beberapa keyword dari keyword yang memang sedang agan tuju sering tidak relevan atau ada link iklan yang melekat padanya.

Larry Page dan Sergey Brin telah mematenkan Pigeon Rank Algorithm, Algoritma yang satu ini akan sangat berbeda cara kerja nya dengan Algoritma Rank Google yang terdahulu dalam hal mengindex dan memberi ranking suatu website.

Analogi dari Pigeon Rank Algoritm adalah mampu mengenali konten yang diposting, sehingga membuat Google dapat membedakan ribuan website yang serupa untuk memilih mana yang lebih relevan dan layak di-index serta mendapatkan rangking.

Perumpamaan cara kerja Pigeon adalah ibarat sekumpulan kawanan merpati, ketika merpati tersebut mendapatkan hasil yang relevan dalam kluster suatu website, maka kawanan merpati akan memberikan nilai untuk website tersebut dengan paruhnya – yaitu memberikan nilai satu PigeonRank. Maka setiap kali patukan merpati kepada suatu website akan bertambahlah nilai PigeonRank-nya. Sehingga website-website yang sering dipatuk oleh merpati pigeon tersebut akan dibawa kepermukaan untuk ditampilkan kepada user pada hasil pencarian keyword.

Sehingga update baru ini akan menciptakan perubahan besar ketika kita melakukan pencarian keyword di Google. Perubahannya sangat sederhana. Setiap website dengan low-quality, bila menggunakan artikel copy-paste akan turun dan bila menggunakan artikel unik maka rangking nya akan naik. Maka mesin pencari akan refreshing.

Menurut update Google pada algoritma-nya, yang disebut dengan “Content Farms” atau situs-situs yang menyewa para penulis konten lepas untuk menghasilkan konten unik yang memenuhi algoritma mesin pencari Google untuk meningkatkan pendapatan maksimum dari iklan, akan menurun income-nya bila dukungan mesin pencari Google diubah dan hasil pencarian terhadap website mereka akan dimunculkan dibagian bawah atau minimal lebih rendah dari posisi mereka saat ini.

Hal ini dilakukan guna mendorong “Healthy Web Ecosystem” (kesehatan ekosistem website), dikutip dari seorang Engineer Google pada postingnya di GoogleBlog. Dampak perubahannya sekitar 12% dari Query Google.

Ada sebuah ekstensi Chrome yang pasti akan berfungsi sebagai bantuan untuk meningkatkan algoritma yang sudah diperbaharui – Personal Blocklist Chrome Extension – yang memungkinkan user untuk memblokir situs nya secara manual dari kemunculannya di hasil pencarian.

Meskipun update kali ini tidak bergantung pada ekstensi ini. Tapi tetep aza algoritma akan memblok 84% dari 12 domain teratas user dari data ekstensi. Menggabungkan algoritma dengan data ekstensi Chrome pasti akan membuat proses menjadi jauh lebih baik.

Komentar»

1. Informasi kredit - Agustus 22, 2011

Terima kasih buat informasinya karena sangat berguna sekali. Website saya sedang hilang dari halaman google ni

2. Puisi - Desember 9, 2011

Dapat ilmu baru dan Baru tau Pigeon Rank algoritma…
Yang saya tau cuma Google Panda
Terimakasih atas Sharenya

3. Naskah Drama - Desember 9, 2011

Terimakasih atas sharenya….

4. adipa - Februari 2, 2012

sangat bermanfaat… begitu pentingnya konten yang unik.
ane akan coba bikin gan konten yang unik… trims

5. kuncahyo kusumo - Maret 27, 2012

Terimakasih infonya!

6. smjsyariah - Oktober 21, 2012

wah jika dibandingkan alogaritma google panda gimana Gan

7. contoh artikel - Juli 31, 2014

algoritma pigeon rank ni sdh lama atau baru…kok baru sekarang rame lagi

8. MoveOn - Oktober 9, 2014

informasi yang sangat bermanfaat bagi niuby kayak ane..thanks

9. 0p1ck - November 7, 2014

saya lebih jadi tahu kenapa blogku bisa turun drastis. btw bisa minta tutor untuk kembalikan trafiknya kembali

10. Kata Kata Cinta - November 17, 2014

Makin ganas aja ni simbah

11. Kata Kata Mutiara Cinta - Juni 30, 2015

Dapat ilmu baru dan Baru tau Pigeon Rank algoritma…
Yang saya tau cuma Google Panda
Terimakasih atas Sharenya

12. Kata Kata Mutiara - Juni 30, 2015

Dapat ilmu baru dan Baru tau Pigeon Rank algoritma…
Yang saya tau cuma Google Panda
Terimakasih atas Sharenya


Orang Baik Pasti Mau Kasih Komentar ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: